Keakraban SMPN 1 Semarang dan SMPN 31 Semarang dalam Studi Banding Sekolah Adiwiyata

    

SEMARANG – Jumat, 25 Januari 2018, SMP Negeri 31 Semarang kedatangan tamu spesial yang telah melaukan studi banding adiwiyata/sekolah berbasis lingkungan, yaitu SMP Negeri 1 Semarang. Tamu yang berkunjung ke SMPN 31 Semarang adalah para peserta didik, staf, guru sampai Kepala SMPN 1 Semarang yang ingin belajar adiwiyita bersama SMPN 31 Semarang. Rombongan tersebut dating untuk belajar bersama bagaimana menata lingkungan, mengelola sekolah berbasis lingkungan/adiwiyata, sampai menciptakan budaya warga sekolah cinta lingkungan.

Kunjungan tersebut diawali dengan sambutan pemaparan program adiwiyata dan sekolah sehat SMPN 31 Semarang yang disampaikan oleh Kepala SMPN 31 Semarang dengan diselingi tanya jawab/diskusi/saling berbagi informasi penuh keakraban kekeluargan di antara kedua belah pihak. Rombongan SMPN 1 Semarang belajar ke SMPN 31 Semarang fokus pada menciptakan budaya peduli lingkungan.

Rombongan yang dinakhodai oleh Ibu Nining Sulistyaningsih, S.Pd., M.Pd juga kagum pada SMPN 31 Semarang yang dapat menciptakan lingkungan berbasis alam seutuhnya. Hal ini di sekolah seperti di labortorium alam yang alami, ada tanaman obat, tanaman buah, tanaman sayur, pepohonan yang besar dan rindang, ada hutan mini, serta ada tambak yang menjadi ciri khas utama SMPN 31 Semarang. Intinya SMPN 31 Semarang memiliki “kebun raya yang mini” dan sangat cocok untuk dijadikan sumber belajar bagi siapa saja yang memerlukan.

Selain kagum pada penataan lingkungan yang asri, rombongan juga belajar menata sumur resapan, biopori, greenhouse sebagai tempat persemaian, pembuatan kompos organik, ruang pajang yang banyak lukisan tentang alam dari Pak Heriwanto, S.Pd., kemudian ke ruang keterampilan yang penuh dengan karya peserta didik yang menggunakan bahan-bahan memanfaatkan barang bekas, terutama plastik atau bahan yang lama untuk terurai. Tak ketinggalan, observasi juga dilakukan ke ruang UKS yang representatif. UKS ini yang juga menjadi ikon penting dalam kemenangan Lomba Sekolah Sehat kemarin.

Setelah rombongan berduskusi, observasi, dilanjutkan dengan foto-foto di lingkungan SMPN 31 Semarang yang dianggap berkesan.

Terima kasih kepada SMPN 1 Semarang yang berkenan berkunjung ke SMPN 31 Semarang. Kami merasa bahagia dan bangga. Semoga apa yang didapat bisa bermanfaat untuk kemajuan sekolah bersama, khususnya SMPN 1 dan 31 Semarang.

 

#BelajarBersamaLingkungan😊

#AdiwiyataNasional

#SekolahSehat

#SpegasaJaya^_^