Penghargaan Adiwiyata Nasional

  

JAKARTA (SMPN31SEMARANG.SCH.ID) – Jumat, 21 Desember 2018, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan penghargaan Adiwiyata nasional dan mandiri kepada 396 sekolah yang dinilai peduli lingkungan. Salah satunya adalah SMP Negeri 31 Semarang.

Di antara sekolah yang mendapat penghargaan ada 279 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional dan 117 sekolah mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri.

“Program Adiwiyata adalah program untuk menciptakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, yang bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ibu Siti Nurbaya Bakar dalam acara pemberian penghargaan di Jakarta.

Ibu Siti menuturkan program Adiwiyata harus terus dikembangkan agar mampu mewujudkan atau menghadirkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Program Adiwiyata mencakup penilaian kebijakan sekolah, kurikulum, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan di sekolah.

Kepala Pusat Pelatihan Masyarakat dan Pengembangan Generasi Lingkungan, Cicilia Sulastri mengatakan tahun ini ada 875 sekolah yang terdiri atas 784 sekolah negeri dan 91 sekolah swasta di 273 kota/kabupaten di 32 propinsi yang diusulkan oleh Dinas Lingkungan Hidup untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional. Dari 875 sekolah yang diusulkan, ada 279 sekolah yang memenuhi kriteria dan berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata Nasional.

Di antara banyaknya sekolah yang yang menjadi peserta dalam program Adiwiyata Nasional, SMP Negeri 31 Semarang adalah salah satu peraih penghargaan Adiwiyata Nasional dan satu-satunya peraih penghargaan Adiwiyata Nasional dari Kota Semarang.

Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 31 Semarang datang dan menerima langsung penghargaan dari KLHK itu. Beliau sangat bangga serta tak lupa mengucapkan rasa terima kasih yang tiada terkira pada semua pihak yang berperan sehingga SMP Negeri 31 Semarang bisa lolos Adiwiyata tingkat Nasional.

“Terima kasih untuk semua yang sudah berperan sehingga SMP 31 Semarang lolos Adiwiyata tingkat Nasional. Penghargaan ini milik kita semua. Dan Tetap semangat,” ujar beliau.

Semoga dengan diraihnya penghargaan ini SMP Negeri 31 Semarang dapat menjaga lingkungan dengan lebih baik lagi, tambah jaya, dan tetap rendah hati. Serta semoga dapat menjadi contoh baik bagi sekolah-sekolah lain, khususnya di kota Semarang.

Hasil Tak Akan Pernah Mengkhianati Usaha

Sumber: https://www.antaranews.com/…/396-sekolah-terima-penghargaan…

#SuksesAdiwiyataNasional
#Semangat&Bersyukur
#SpegasaJaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *