Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2018 di Spegasa

      

SEMARANG – Setiap tanggal 10 November, Bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan. Tak terasa semua berlalu begitu saja tanpa kita ketahui banyak perubahan – perubahan yang signifikan mulai dari budaya sampai moral bangsa Indonesia ini. Sebagai generasi penerus bangsa kita harus meneruskan cita – cita bangsa dan menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap bangsa ini.

Sebagai bentuk partisipasi kita terhadap perjuangan para pahlawan yag telah gugur, diadakannya Upacara Peringatan Hari Pahlawan yang diselenggarakan di seluruh sekolah, termasuk SMP Negeri 31 Semarang. Pasukan Pengibar Bendera SMP Negeri 31 Semarang dengan bangga dan penuh rasa hormat menjalankan sebuah kepercayaan untuk menaikan Sang Saka Merah Putih diiringi oleh lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Upacara pun terlaksana dengan khidmat yang diikuti oleh seluruh warga SMP Negeri 31 Semarang. Setelah pengibaran bendera dilanjutkan pembacaan kata mutiara dari tiap-tiap pahlawan oleh petugas upacara.

Peringatan hari pahlawan pada peristiwa “Pertempuran 10 November 1945” di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa sangat besar. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Sosial Republik Indonesia dalam isi teks pidato yang dibacakan oleh Pembina Upacara yaitu Ibu Ika Suhartini, S.Pd., selaku salah satu Guru Ilmu Pengetahuan Sosial SMP Negeri 31 Semarang.

“Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat statis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia.”

Tema Hari Pahlawan 2018 yaitu “Semangat Pahlawan di Dadaku.” Dari tema ini juga mengandung pesan kepada kita semua bahwa sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karenanya, siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Selain itu melalui peringatan Hari Pahlawan 2018 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya, peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

#SelamatHariPahlawan2018

#PahlawandiDadaku

#SpegasaJaya^_^

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *