Latihan Kepemimpinan untuk Calon Pengurus OSIS SMP Negeri 31 Semarang

     

SEMARANG, smpn31semarang.sch.id – Dasar kepemimpinan harus mulai dimiliki siswa-siswi sekolah terutama mereka yang gemar berorgansisasi. Salah satunya sejumlah pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMP Negeri 31 Semarang yang berkesempatan mendapatkan pelatihan dasar kepemimpinan. “Latihan dasar kepemimpinan ini merupakan kegiatan prapelantikan pengurus OSIS SMP,” tutur Kepala SMP Negeri 31 Semarang, Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd. Jumat (09/11).

Berlangsung di Ruang Aula Baru SMP Negeri 31 Semarang, Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa pelatihan kepemimpinan dasar merupakan program rutinitas per tahun ajaran. Adapun materi yang diberikan dalam kegiatan tersebut meliputi Kepemimpinan yang disampaikan oleh Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd. sendiri. Kemudian dilanjutkan materi Pengenalan OSIS oleh Bapak Kuatman, S.Kom., dilanjutkan materi Penyususnan Program Kerja oleh Ibu Iin Sulistyowati, S.Pd. Kemudian materi Pengambilan Keputusan oleh Pak Eki Putranto Wibowo, S.Pd.

Kepala SMP Negeri 31 Semarang, Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd. dalam materi pembekalannya menegaskan tujuan diadakanya latihan dasar kepemimpinan calon pengurus OSIS yaitu untuk membekali diri bagi calon pengurus OSIS, memupuk rasa kedisiplinan, ketertiban, keterampilan, kebersamaan, dan kekeluargaan bagi para siswa khususnya dan bagi calon pengurus OSIS.

Selain itu diadakannya kegiatan pelatihan guna untuk melatih siswa dalam rangka berorganisasi yang baik. Memupuk rasa tanggung jawab yang tinggi dan dapat menjunjung tinggi almamater sekolah serta berakhlak mulia dalam tutur kata dan perilakunya. “Karena yang nantinya menjadi pengurus OSIS yang handal serta untuk menyiapkan calon generasi emas bangsa yg berkarakter sebagai calon pemimpin masa depan,” sambung beliau.

Terpisah, Wakasek Bapak Kuatman, S.Kom. menambahkan sasaran yang ingin dicapai dalam kegiatan latihan dasar kepemimpinan juga agar para pengurus OSIS lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kemudian mempertebal rasa cinta tanah air dan bangsa.

Keempat materi tersebut dilaksanakan pada Jumat, 9 November 2018 sore hari usai pulang sekolah sampai pekat malam sekitar pukul 22.00 WIB. Dalam pembekalan materi tersebut tentunya diselingi istirahat dan ice breaking agar peserta tidak merasa jenuh.

Kemudian pada Sabtu, 10 November 2018 para peserta LDK mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November.

Usai upacara, para peserta LDK istirahat sejenak dilanjutkan materi Dinamika Kelompok. Pembekalan materi ini diisi oleh Lembaga Psikologi Kartika dari Semarang. Pembekalan kali ini dilaksanakan dengan cara yang berbeda yaitu dilakukan di luar ruangan, tepatnya di sekitar Hutan Mini dan Tambak SMP Negeri 31 Semarang dengan penambahan kegiatan berupa outbond dan permainan.

Manfaat yang bisa dipetik dari pembekalan materi LDK dan Outbound ini adalah untuk membangkitkan mental, kemampuan bekerja sama, dan jiwa kepemimpinan dari para peserta. Semangat kebersamaan dan kerja sama harus bisa terpatri dalam jiwa para peserta, karena dengan bekerja sama apa yang menjadi tujuan akan lebih mudah tercapai. Hal ini sejalan dengan semangat organisasi OSIS yang mengutamakan kebersamaan demi kemajuan SMP Negeri 31 Semarang.

Majulah OSIS-ku… Jayalah Sekolahku…

 

#LDKOSISSpegasa

#SpegasaJaya^_^

 

Dokumentasi

                        

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *