Jumat Gotong-Royong Menyongsong Sekolah Sehat dan Adiwiyata Nasional

                                                                

SMPN31SEMARANG.SCH.ID, SEMARANG – Untuk menjaga kebersihan sekolah dan mengajarkan peduli terhadap lingkungan, serta mempersiapkan guna mengikuti Lomba Sekolah Sehat sekaligus Lomba Adiwiyata tingkat Nasional, seluruh warga Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 31 Semarang laksanakan gotong royong di lingkungan sekolah, Jumat (02/11/2018).

Sebelum dilaksanakan kegiatan gotong royong berupa bersih-bersih seluruh ruang dan lingkungan SMP Negeri 31 Semarang (Spegasa), dilakukan perancangan komitmen dengan cara menempelkan stiker bertuliskan komitmen tiap warga Spegasa dalam menjaga kelestarian lingkungan Spegasa pada Tugu Komitmen Adiwiyata SMP Negeri 31 Semarang.

“Untuk membangkitkan semangat yang mulai mengendor dalam menjaga lingkungan, perlu pencanangan kembali komitmen bagi seluruh warga sekolah sehingga sekolah selalu bersih, rapi, indah, dan sehat,” kata Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 31 Semarang dalam sambutannya.

Beliau juga menjelaskan bahwa kegiatan ini selain agar warga Spegasa lebih mencintai lingkungan juga untuk mempersiapkan sekolah untuk mengikuti Lomba Sekolah Sehat dan Lomba Adiwiyata Tingkat Nasional.

“Gotong royong yang kita laksanakan hari ini juga untuk mempersiapkan sekolah dalam mengikuti lomba sekolah sehat sekaligus sekolah berbudaya lingkungan (Adiwiyata) tingkat Nasional yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” lanjut Ibu Sumrih Rahayu dalam sambutannya.

Setelah sambutan dari ibu kepala sekolah, dilanjutkan penyerahan alat kebersihan kepada Ketua Panitia lomba Sekolah Sehat, Ibu Samiyem, S.Pd., M.Pd. dan kepada Ketua Panitia Lomba Adiwiyata, Bapak Faezal, A.Md. Penyerahan alat kebersihan tersebut merupakan tanda kesiapan ketua panitia untuk mengoordinir guna kesiapan SMP Negeri 31 Semarang menghadapi Lomba Sekolah Sehat dan Adiwiyata tingkat Nasional. Persiapan ini tentunya dapat terselenggara dengan dukungan dan realisasi dari seluruh elemen warga Spegasa.

Setelah menerima alat kebersihan yang tentunya berupa amanah yang harus dijalankan, masing-masing ketua panitia dari masing-masing lomba mencontohkan cara kebersihan dan merawat lingkungan secara simbolis di depan seluruh peserta didik.

Kegiatan Gotong royong ini meliputi membersihkan seluruh sudut ruangan Gedung Spegasa, mengumpulkan sampah, merawat tanaman, dan mencabut rumput yang ada di pekarangan sekolah.

Gotong royong juga bertujuan mengajarkan anak-anak sekolah bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata sekolah yang baik.

Ibu kepala sekolah juga tak hentinya mengingatkan untuk memilah sampah di tempat sampah yang sudah tersedia. Mana sampah organik dan mana sampah anorganik.

Hal ini untuk mengajar anak mencintai lingkungan dan tentunya tidak membuang sampah sembarangan.

“Kegiatan ini juga untuk mengajarkan anak membersihkan sampah di lingkungan sekolah sebelum masuk kelas,” ungkap Ibu Sumrih Rahayu.

Selain itu, kegiatan membersihkan lingkungan sekolah juga salah satu bentuk upaya menciptakan lingkungan yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Di hari Jumat ini, Spegasa juga kedatangan tamu dari Puskesmas Lebdosari. Tim Puskesmas Lebdosari mengecek kondisi kebersihan sekolah yang mengacu pada kondisi kesehatan para peserta didik. Tiap kantin sampai kamar mandi juga dicek apakah ada sarang nyamuk atau tidak.

Puskesmas Lebdosari adalah instansi pembimbing khususnya bidang kesehatan yang sudah terjalin sangat lama dengan Spegasa. Selain untuk kemajuan Spegasa, tentunya juga untuk mengontrol kondisi kesehatan siswa di sekolah.

Terima kasih dr. Umi Kulsum, drg. Dendy, Mbak Dwi dan semua Tim Puskesmas Lebdosari yg telah memberi bimbingan, arahan, masukan pada sekolah untuk berperilaku hidup sehat serta pengelolaan UKS yang baik.

“Jumat yg luar biasa. Semua bergerak semua berperan untuk Sekolah tercinta. Terima kasih untuk Bapak Ibu Guru, Karyawan, Bapak Ibu Paguyuban anak-anakku tercinta semua untuk semangatnya,” ujar Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd.

“Lingkungan bersih belajar terasa penuh kasih,” tambah Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd.

#SpegasaGoGreen😊
#GoSekolahSehat
#GoAdiwiyataNasional
#SpegasaJaya

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *