Hutan Asri, Pemilihan Ketua OSIS Sejuk di Hati

    

       

SMPN31SEMARANG.SCH.ID, SPEGASA – Dalam rangka memilih ketua OSIS, peserta didik SMPN 31 Semarang menggelar “Pesta” demokrasi di sekolah mereka. Pemilihan tersebut digelar ala Pemilu langsung, di mana tiga hari sebelum pemungutan suara para calon diberi kesempatan melakukan orasi di depan teman-temannya.

Para calon juga diberi kesempatan menyampaikan visi dan misi saat berorasi di depan teman-teman dan disaksikan para guru dan karyawan.

Kepala SMP Negeri 31 Semarang, Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd. mengungkapkan, pemilihan ketua OSIS ala Pemilu ini sudah pernah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Tujuannya, selain mengenalkan sistem demokrasi, juga agar peserta didik memahami pentingnya memilih pemimpin mulai dari sekolah yaitu di kalangan temannya.

“Dimulai dari lingkungan sekolah, peserta didik diharapkan menganal sistem demokrasi langsung dan dapat menggunakan hak-hak suaranya dalam menentukan pemimpin, dalam hal ini Ketua OSIS,” kata Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd.

Dijelaskan beliau, pemungutan suara atau pencoblosan dilaksanakan Kamis, 11 Oktober 2018 di mana seluruh peserta didik SMP Negeri 31 Semarang melakukan pencoblosan di Hutan Mini SMP Negeri 31 Semarang sekolah mereka.

Beliau juga menuturkan, dengan diselenggarakannya pemilu OSIS di Hutan Mini ini akan menyejukkan suasana yang pada umumnya di sejumlah media mengekspos bahwa pemilu itu terkesan panas dan penuh emosional, tetapi dengan adanya hutan mini yang asri di SMPN 31 Semarang ini membuat sejuk suasana pun pilihan yang tepat sesuai hati nurani tanpa adanya paksaan.

Kegiatan Pemilu Ketua OSIS diharapkan membentuk karakter para peserta didik, di mana mereka diajarkan pentingnya kerjasama dalam menyelesaikan masalah hingga mengambil keputusan untuk kepentingan orang banyak.

Disebutkan, para guru dan karyawan di lingkungan SMP Negeri 31 Semarang juga turut berperan dalam pemungutan suara dan secara tidak langsung guru memiliki kewajiban membina anak didiknya, memberi contoh sehingga para peserta didik memiliki karakter yang makin kuat.

Dari lima peserta calon ketua OSIS SMP Negeri 31 Semarang yang berhasil terpilih pada pemungutan suara tersebut adalah Fatturrohman dari kelas VIII C, menggantikan Rois Landung yang sudah duduk di kelas IX.

Semoga dengan terpilihnya Fatturrohman sebagai Ketua OSIS dapat membantu memajukan dan mengharumkan SMP Negeri 31 Semarang menjadi lebih jaya melenggang jauh ke angkasa raya sesuai dengan visi dan misinya. Dukungan teman-teman, para guru, karyawan, Kepala Sekolah dan seluruh elemen masyarakat SMPN 31 Semarang juga sangat dibutuhkan tentunya.

(smpn31semarang.sch.id)

 

#SpegasaAsri

#SpegasaJaya^_^

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *