Kado Sakti di Hari yang Sakti

        

SMPN31SEMARANG.SCH.ID – Perasaan bahagia tak terhingga menyelimuti SMP Negeri 31 Semarang di Hari Kesaktian Pancasila pada Senin (1/10). Berbagai macam penghargaan diraih oleh para peserta didik SMP Negeri 31 Semarang sekaligus menjadi kado sangat indah bagi kepala sekolah yang ternyata saat ini juga adalah hari ulang tahun beliau.

Senin, 1 Oktober 2018, warga SMP Negeri 31 Semarang memperingati Hari Kesaktian Pancasila dengan melaksanakan Upacara Bendera yang berbeda dari upacara bendera biasanya. Yang tampak beda adalah sang merah putih sudah dikibarkan sebelum acara upacara dimulai sehingga tidak ada pengibaran bendera yang biasanya ada setelah protokoler membacakan upacara siap dimulai. Selain itu juga adanya pembacaan Ikrar. Tentunya susunan acara tersebut telah berdasarkan dari pemerintah pusat.

Bapak Drs. Ruchikmat selaku Pembina Upacara menyampaikan beberapa hal terkait dengan diperingatinya Hari Kesaktian Pancasila. Beliau menandaskan, sejarah kelam tentang G30S/PKI atau Gerakan 30 September merupakan bukti jika dasar negara Pancasila dirongrong oleh paham dan keyakinan lain, namun tidak berhasil. Sehingga sampai memunculkan korban tujuh perwira yang diculik oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang akan mengganti Pancasila sebagai satu-satunya dasar negara Indonesia menjadi paham Komunis.

Beliau juga menjelaskan bahwa Komunis adalah paham yang tidak mengenal Tuhan, berbanding terbalik dengan masyarakat kita yang meyakini bahwa bangsa kita adalah bangsa yang berketuhanan, sehingga paham tersebut sangat tidak cocok untuk negara Indonesia ini. Dengan segenap perjuangan para pahlawan, kesaktian Pancasila masih tetap sakti sampai saat ini. Dan kita sebagai generasi penerus sudah selayaknya menjaga, melindungi, serta merawat hasil jerih payah perjuangan para pahlawan kita untuk menjadikan negeri ini menjadi lebih baik, tentunya dengan berdasar pada Pancasila dan UUD 1945.

Pelaksanaan upacara berlangsung lancar dan khidmat. Ditandai dengan sikap para peserta upacara yang seolah menghayati betapa pentingnya Pancasila di negeri Indonesia tercinta ini.

Pada akhir upacara dimeriahkan oleh Parade Prestasi Peserta Didik SMP Negeri 31 Semarang Tahun 2018-2019. Sederet prestasi ditunjukkan oleh para peserta didik terbaik yang dimiliki oleh SMP Negeri 31 Semarang.

Berbagai wujud penghargaan mulai dari piala sampai medali telah diborong para peserta didik SMP Negeri 31 Semarang atas prestasi mereka mulai tingkat kota, provinsi, bahkan sampai Nasional mereka dapat.

Berikut nama-nama putra-putri SMP Negeri 31 Semarang dengan sederet prestasinya:

  1. Atanasius Marcello Avta Pendhi Putra sebagai Juara I National Open Tournament Tugumuda Championship Pencak Silat;
  2. Erza Raya Abdie Putra sebagai Juara I Kejuaraan Nasional Pencak Silat Universitas Semarang;
  3. Rafael Da Cunha Pinto sebagai Juara III Karate;
  4. Ahmad Giovani sebagai Juara I Sepak Bola Galasiswa tingkat Provinsi Jawa Tengah;
  5. Nathan Hendriawan Leksono sebagai Juara III Bola Voli antarpelajar tingkat Kota Semarang;
  6. Ade Intan Dwi Budiarti sebagai Juara III Bola Voli antarpelajar tingkat Kota Semarang;
  7. Muhammad Bagirmanan sebagai Juara III Bola Voli antarpelajar tingkat Kota Semarang, Juara Wushu tingkat provinsi, dan Juara III Muaythai tingkat provinsi;
  8. Bisma Reihan sebagai Juara III Bola Voli antarpelajar tingkat Kota Semarang;
  9. Bagus Ginanjar sebagai Juara Dayung tingkat Kota Semarang;
  10. Naila Azka U’Tafiya sebagai Danton Terbaik Paskibra SMAN 1 Ungaran tingkat provinsi; dan
  11. Tim Paskibra SMP Negeri 31 Semarang sebagai Juara I (Madya) Paskibra SMAN 1 Ungaran sekaligus sebagai Best Kebersihan SMAN 1 Ungaran tingkat provinsi.

Hal ini ditujukan untuk membakar semangat para peserta didik yang lainnya agar bisa berprestasi seperti teman-temannya yang membuktikan diri bahwa mereka bisa. Di hari yang sakti ini ternyata ada hal yang tak terduga, ternyata adalah hari yang sangat membahagiakan juga bagi Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 31 Semarang. Pasalnya pada hari ini ternyata merupakan hari lahir beliau juga. Sontak seluruh guru, karyawan, serta para peserta didik SMP Negeri 31 Semarang memberikan ucapan selamat diiringi dengan lagu serta doa yang dipanjatkan untuk kesuksesan Ibu kepala sekolah dan tentunya untuk kesuksesan SMP Negeri 31 Semarang agar menjadi lebih baik lagi dan lagi.

 

#SpegasaPrestasi

#GoSpegasaSakti

#SpegasaJaya^_^

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *