Semarak HUT Kemerdekaan di SMPN 31 Semarang

            

SEMARANG — Sejumlah peserta didik SMP Negeri 31 Semarang mengikuti berbagai perlombaan diiringi sorakan dukungan dari peserta didik lainnya, Kamis (16/8). Kegiatan perlombaan tersebut merupakan bagian dari perayaan Hari Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia.

Merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia sudah menjadi keharusan sebagai bagian dari Bangsa Indonesia. Perayaan itu dilakukan oleh semua pihak, baik di instansi pemerintahan, perusahaan, juga di pendidikan. Di sekolah-sekolah, perayaan HUT RI menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Kemeriahan begitu terasa setiap kali memasuki masa tujuh­belasan.

Menjelang 17 Agustus, sekolah-sekolah biasanya sudah berhias, dekorasi khas kemerdekaan dipasang di sekeliling sekolah seperti umbul-umbul merah putih, bendera-bendera kecil dan lainnya. Kelas-kelas pun dihias sedemikan rupa, selain untuk perayaan kemerdekaan juga untuk ikut lomba menghias kelas yang biasanya ada setiap tahun.

Di SMP Negeri 31 Semarang, lomba bola tangan dan dance misalnya, Kamis (16/8), suasana sekolah tampak ramai. Ratusan peserta didik berada di luar kelas. Mereka menonton teman-temannya yang sedang bertanding bola tangan dan dance yang digelar hari itu. Sebelumnya, pada hari Selasa juga ada perlombaan, yaitu bola tangan, misson x, dan memasukkan pensil ke dalam botol secara kolektif. Kemudian pada hari Rabu juga ada perlombaan lagi, yaitu bola tangan, kebersihan kelas, 3R, dandan, sampai peraga busana. Dilanjutkan hari Kamis, 16 Agustus 2018 maasih ada perlombaan juga, yaitu bola tangan dan dance.  Sebelum perlombaan, pada pagi harinya terdapat acara senam bersama sampai jalan sehat bersama yang dibuka oleh Ibu Sumrih Rahayu selaku Kepala SMP Negeri 31 Semarang.

Setelah acara jalan sehat, dilanjutkan perlombaan bola tangan sampai menemukan juara, kemudian lomba dance, serta pembagian doorprize dari kupon acara jalan sehat.

Priiitttt!!! Peluit dibunyikan wasit, dua tim bola tangan berlomba memasukkan bola ke gawang lawan untuk meraih skor sebanyak-banyaknya. Ekspresi mereka berjuang meraih juara tampak lucu tapi membakar semangat. Semuanya menghela nafas karena lelah. Karena semangat, capek pun tak begitu terlihat dari raut wajah mereka.

Sementara para peserta didik pendukung bersorak-sorak menyemangati teman sekelasnya. Kadang, gengsi antarkelas membuat suasana kompetisi semakin meriah.

“Senang sekali setiap momen perayaan kemerdekaan 17 Agustus. Karena bisa bertanding di banyak bidang perlombaan,” kata Ikes, salah satu peserta lomba bola tangan.

Menurutnya sebagai pelajar, ia harus mengisi kemerdekaan dengan berjuang dan berprestasi di satu bidang tertentu. Bagi Ikes, salah satu bidang itu adalah olahraga.

Kepala sekolah menyebutkan kegiatan perlombaan tujuhbelasan tersebut juga untuk menumbuhkan semangat perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Melalui lomba-lomba tersebut diharapkan peserta didik mengerti makna perjuangan setidaknya berjuang untuk meraih prestasi di perlombaan-perlombaan yang ada.

“Peserta didik perlu dibentuk mentalnya untuk merasakan kesatuan dan kebinekaan dalam berbangsa dan bernegara. Kecintaan pada negara atau nasionalisme perlu ditanamkan dalam diri setiap peserta didik, apalagi di masa sekarang ini,” tambahnya.

Momen kemerdekaan memang selalu ditunggu-tunggu. Suasana kompetisi antarsekolah selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam setiap perayaan HUT RI. Dari masa ke masa, lomba tujuh­belasan selalu menyemaraknya suasana sekolah. Beberapa sekolah juga menggelar kegiatan yang sangat meriah untuk memperingati Hari Kemerdekaan tersebut.

Tidak hanya kemeriahan yang diharapkan, tetapi juga dapat mengajarkan makna perjuangan dan sikap menjaga kemerdekaan yang telah dirasakan selama 73 tahun tersebut. Semoga di hari ulang tahun Kemedekaan RI yang ke-73 ini, para pelajar di Indonesia, khususnya pelajar SMP Negeri 31 Semarang dapat lebih berprestasi dan mengharumkan nama bangsa sebagai bentuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan.

 

#SpegasaJaya

#SemangatPersatuan

#DirgahayuRIke-73

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *