Persami SMPN 31 Semarang

           

SMPN31SEMARANG.SCH.ID, SEMARANG — Ratusan calon anggota Pramuka Penggalang Gudep SMP Negeri 31 Semarang mengikuti Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) di area sekolah, Sabtu- Minggu (11-12/10).

Persami sekaligus menyambut hari Pramuka ini dibuka oleh guru pembimbing pramuka SMPN 31 Semarang, Bu Samiyem, M.Pd., dan dihadiri oleh beberapa guru SMP Negeri 31 Semarang, Mahasiswa PPL Unnes, para pelatih, serta kakak-kakak alumni Pragasa (Pramuka SMPN 31 Semarang).

Bu Samiyem, M.Pd. dalam arahannya di hadapan peserta perkemahan berharap kegiatan yang rutin digelar setiap tahun tersebut dapat meningkatkan kreativitas siswa terutama di bidang kepramukaan sehingga akan membentuk karakter generasi muda bangsa serta melatih lebih disiplin dan cinta tanah air.

“Dengan kegiatan persami ini bisa menjadi wahana untuk mendidik siswa, agar lebih baik dan wadah pembentukan karakter,” ungkapnya.

Persami tersebut diisi beragam kegiatan, seperti PBB dan materi pembekalan lainnya untuk calon anggota penggalang.

Tak hanya itu, acara tersebut juga dimeriahkan dengan api unggun yang merupakan acara puncak dari kegiatan Persami. Acara api unggun ini dihadiri oleh Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd. selaku  Kepala SMP Negeri 31 Semarang. Dalam sambutannya, beliau memberi motivasi kepada para peserta untuk serius mengikuti dan melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab sehingga bisa dirasakan manfaat positif dari kegiatan Persami ini. Tak lupa, beliau selalu mengingatkan, khususnya kepada para penggalang baru SMP Negeri 31 Semarang untuk menghormati yang lebih tua serta bertutur kata dan bertingkah laku sopan agar terbentuk saling menghormati satu sama lain.

“Untuk anak-anakku semua, ikutilah kegiatan persami ini dengan baik. Bersungguh-sungguhlah dan latihan bertanggung jawab. Insya Allah kalian akan dapat manfaat yang baik. Ibu selalu mengingatkan sopanlah kepada siapapun terutama kepada orang yang lebih tua dari kalian,” ujarnya dalam sambutan acara api unggun.

Api unggun dinyalakan secara langsung oleh Ibu Kepala Sekolah yang terus diiringi letusan kembang api serta riuh peserta menambah meriahnya suasana. Gundukan kayu setinggi orang dewasa yang dibakar membuat kobaran api menjilat sangat tinggi. Seketika suasana yang mulanya gelap gulita berubah menjadi terang benderang sehingga wajah-wajah ceria terpancar dan terlihat jelas.

Kemeriahan suasana acara api unggun diselingi acara pentas seni oleh masing-masing kelompok atau regu, seperti berpuisi, menyanyi, dan lain sebagainya. Tak ingin kalah dengan para siswa, mahasiswa PPL Unnes pun ikut andil dalam pensi ini hingga tambah riuhlah suasana api unggun tersebut.

Setelah acara api unggun selesai, para peserta dipersilakan untuk istirahat tidur sejenak. Tengah malam para peserta dibangunkan untuk mengikuti renungan malam.

Kegiatan Persami ditutup secara resmi oleh Bapak Kuatman, S.Kom. Dalam sambutannya, beliau sangat mengharapkan kepada para Penggalang Baru untuk salalu aktif di setiap kegiatan baik dalam kepramukaan maupun kegiatan sekolah lainnya, sehingga bisa lebih bisa menggali prestasi diri maupun prestasi sekolah.

Dengan adanya kegiatan ini, beliau berharap muncul kader-kader baru dari siswa yang memiliki keterampilan, sehingga nantinya Pramuka SMP Negeri 31 Semarang menjadi contoh dari gudep lainnya di wilayah Semarang yang rutin menyelenggarakan kegiatan kepramukaan.

Setelah kegiatan persami usai, Dewan Galang Pragasa gelar Bansos (bantuan sosial) untuk membantu warga sekitar yang kurang mampu.

Manfaat yang bisa diambil dari kegiatan Persami ini diantaranya adalah melatih interaksi sosial antarsiswa sehingga bisa memahami tentang rasa tanggung jawab terhadap tugas, arti kebersamaan, dan tolong menolong seperti yang terkandung dalam nilai-nilai Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Unsur-unsur tersebut merupakan prinsip dasar dalam menghadapi kegiatan-kegiatan sekolah di waktu yang akan datang.

 

 

 

#Selamat bergabung Penggalang Baru-ku…

#Majulah Pramuka…

#Jayalah Pragasa, Jayalah Spegasa…

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *