GERMAS di SMPN 31 Semarang

        

 

SEMARANG-Jumat, 27 Juli 2018 warga SMP Negeri 31 Semarang lakukan GERMAS dengan realisasi berupa jalan sehat keliling kampung Tambakharjo dan sebagian Perum. Graha Padma.

Saat ini, Indonesia tengah menghadapi tantangan besar yakni masalah kesehatan triple burden, karena masih adanya penyakit infeksi, meningkatnya penyakit tidak menular (PTM) dan penyakit-penyakit yang seharusnya sudah teratasi muncul kembali. Pada era 1990, penyakit menular seperti ISPA, Tuberkulosis dan Diare merupakan penyakit terbanyak dalam pelayanan kesehatan. Namun, perubahan gaya hidup masyarakat menjadi salah satu penyebab terjadinya pergeseran pola penyakit (transisi epidemiologi).

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS harus dimulai dari keluarga, karena keluarga adalah bagian terkecil dari masyarakat yang membentuk kepribadian.

GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Pada tahap awal, GERMAS secara nasional dimulai dengan berfokus pada tiga kegiatan, yaitu: 1) Melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, 2) Mengonsumsi buah dan sayur; dan 3) Memeriksakan kesehatan secara rutin.

Tiga kegiatan tersebut dapat dimulai dari diri sendiri dan keluarga, dilakukan saat ini juga, dan tidak membutuhkan biaya yang besar, tutur Menkes.

GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. Untuk menyukseskan GERMAS, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Kementerian dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan, dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan, dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat; serta Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya.

Salah satu dukungan nyata dilakukan oleh warga SMP Negeri 31 Semarang yang pada Jumat pagi ini melaksanakan jalan sehat tentunya untuk menunjang kesehatan. Selain sehat pikiran, kesehatan fisik pun harus selalu terjaga agar stabilitas kondisi tubuh tetap terjaga bahkan meningkat menjadi lebih baik.

Dengan melakukan jalan sehat ini tak hanya menjaga kesehatan tubuh saja, tetapi juga mempererat sosialisasi antara peserta didik dengan guru yang beramah-tamah. Ini menunjukkan betapa berharganya sebuah jalinan hubungan menjadi suatu kebahagiaan tersendiri. Tak hanya itu, banyak penelitian menunjukkan bahwa senyum dan rasa senang akan meningkatkan kesehatan tubuh juga. Tampak raut wajah para peserta didik dan para guru serta karyawan SMP Negeri 31 Semarang terlihat sangat bahagia dengan diadakannya kegiatan ini.

 

#GERMAS

#SPEGASASEHAT

#GOADIWIYATANASIONAL

#SPEGASAJAYA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *