PPDB di SMPN 31 Semarang

 

SPEGASA – Senin, 9 Juli 2018 Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 di SMP Negeri 31 Semarang berjalan tertib dan lancar. Penyelenggaraan PPDB tahun ini berbeda dibanding periode-periode sebelumnya dikarenakan adanya sistem seleksi zonasi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bapak Bunyamin menerangkan, zonasi adalah sistem yang memprioritaskan calon siswa yang domisilinya dekat dengan sekolah. Sistem ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2018.

Penerapan sistem zonasi dibagi menjadi dua, zonasi terdekat 1 dan Zonasi terdekat 2. Zonasinya memakai kelurahan. Masing-masing skornya yakni 50 dan 40 persen.

Pelaksanaan PPDB Online tingkat SMP sudah terselenggara pada hari Sabtu (7/7) kemarin. Untuk proses seleksinya, pihak Dinas telah menerapkan rumus tersendiri bagi masing-masing tingkatan pendidikan.

Terkait penggunaan sistem zonasi ini, Bapak Bunyamin menyebut untuk mendekatkan lingkungan sekolah dengan keluarga. Selain itu, bertujuan menjamin pemerataan akses layanan pendidikan bermutu bagi siswa. Penerapannya juga dinilai dapat menghilangkan eksklusivitas dan diskriminasi di sekolah negeri.

Lebih lanjut, penerapan sistem zonasi juga dimaksudkan guna membantu analisis perhitungan kebutuhan dan distribusi guru, mendorong kredibilitas pendidik dalam pembelajaran dengan kondisi siswa yang heterogen. Serta memberikan bantuan atau afirmasi yang lebih tepat sasaran baik sarana maupun prasarana.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2018/2019 di SMP Negeri 31 Semarang dilaksanakan dengan beberapa tahap di tiap ruang. Pertama calon peserta didik baru harus melakukan pengecekan data di ruang pendaftaran. Selanjutnya masuk ruang verifikasi dan diteruskan ke operator untuk diverikisasi secara online.

Peserta didik yang memiliki prestasi sebelum masuk ke operator harus dites dulu oleh penguji untuk mengetahui kevalidannya. selanjutnya mengisi surat pernyataan baru kemudian diserahkan kepada operator.

Setelah tervirifikasi secara online, berkas kemudian diserahkan kembali ke ruang verifikasi untuk dicek dan dstempel tanda berkas sudah ready. Setelah selesai, calon peserta didik diberi selembar data untuk difungsikan ke tahap selanjutnya, termasuk daftar ulang jika calon telah diterima sebagai peserta didik baru SMP Negeri 31 Semarang.

 

#SelamatDatangCalonKeluargaBaruSPEGASA

#SPEGASAHEBAT

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *