Halalbihalal SMPN 31 Semarang

        

SEMARANG – Ahad (24/6), SMP Negeri 31 Semarang menggelar halalbihalal Idul Fitri 1439 H di halaman belakang yang dikelilingi hutan mini dan tambak ikan agar suasana lebih akrab dan menyatu dengan alam.

Setelah sebulan lamanya menjalankan ibadah puasa ramadan, umat Islam merayakan kemenangan di Hari Raya Idulfitri 1439 H. Idulfitri memiliki arti kembali kepada kesucian, atau kembali ke asal kejadian. Dalam perjalanan hidup manusia, tentu kita tidak bisa luput dari kesalahan yang berbuah dosa. Baik secara disengaja maupun tak disengaja. Karena itu, perlu upaya mengembalikan kembali pada kondisi sebagaimana asalnya. Itulah makna Idulfiri.

Dosa yang paling sering dilakukan manusia adalah kesalahan terhadap sesamanya. Karena seorang manusia dapat memiliki rasa permusuhan, pertikaian, dan saling menyakiti. Idulfitri merupakan momen penting untuk saling memaafkan, baik secara individu maupun kelompok yang di negara kita terdapat kegiatan khas yang biasa disebut Halalbihalal. Maka dari itu, untuk mengokohkan tali silaturahmi khususnya keluarga besar SMP Negeri 31 Semarang, diselenggarakanlah kegiatan halalbihalal.

Acara halalbihalal ini dihadiri tamu undangan tidak hanya dari guru dan karyawan SMPN 31 Semarang beserta para keluarganya saja, tetapi juga dihadiri oleh para mantan Kepala SMPN 31 Semarang periode sebelum-sebelumnya. Tak hanya itu, para Komite Sekolah juga turut hadir melengkapi dan memeriahkan hangatnya suasana halalbihalal SMPN 31 Semarang.

Acara dipandu oleh Bapak Heri dan Ibu Aif selaku pewara halalbihalal. Setelah acara dibuka, dilanjutkan laporan Bapak Sigid Praseno, S.Pd. selaku ketua panitia halalbihalal SMPN 31 Semarang. Dengan gaya khas beliau mampu membangun kehangatan suasana yang tadinya masih dingin. Beliau menyampaikan rasa terima kasih karena meskipun di hari libur para tamu undangan masih dapat menyempatkan diri untuk menghadiri acara ini. Permohonan maaf juga beliau sampaikan jika ada hal yang kurang berkenan dengan tempat dan suguhan yang sederhana semoga tak melunturkan niat baik mengokohkan tali silaturahmi.

Selanjutnya sambutan dari Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 31 Semarang. Beliau mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya dengan sangat kepada para panitia dan para pihak yang membantu atas terselenggaranya acara halalbihalal tersebut terlebih dihadiri oleh tamu kehormatan para mantan Kepala SMP Negeri 31 Semarang, yaitu Ibu Endang Sarwo Sri, Bapak Aloysius Kristiyanto, dan Ibu Nurwahidah. Tak ketinggalan juga para komite sekolah yang dipimpin oleh Bapak Mursyid dengan anggota Bapak Hardiono, Bapak Kiai Masyhuri, Bapak Leman, dan Bapak Yoga. Kemeriahan acara juga tak lepas dari para guru dan karyawan beserta para keluarga. Beliau berharap dengan suasana yang sederhana ini semua dapat menikmati karunia Allah swt. lebih utamanya adalah mempererat tali silaturahmi dalam kehangatan di bawah rindang pepohonan alam SMP Negeri 31 Semarang. Selain itu, beliau juga memohon doa restu kepada semua agar SMPN 31 Semarang dapat menjuarai Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

Setelah sambutan dari kepala sekolah selesai, acara halalbihalal diisi siraman rohani oleh Ustaz Budi Hidayat. Dalam ceramahnya, beliau menjelaskan bahwa sebenarnya acara halalbihalal hanya ada di Indonesia, dan kita patut berbangga dengan itu. Apalagi acara ini tidak hanya diperuntukkan bagi umat Islam saja, tetapi juga semua umat beragama di Indonesia, yang tentunya sebagai sarana mempererat rasa persatuan dan kesatuan bangsa. Dan SMP Negeri 31 Semarang menjadi teladan dalam acara halalbihalal kali ini. Selain menjelaskan tentang halalbihalal, beliau juga memaparkan tentang mulianya seorang guru. Seorang guru yang baik adalah guru yang kehadirannya sangat dinanti dan jika tidak hadirnya dicari sampai ditangisi. Beliau mendoakan semoga guru di Indonesia ini, khususnya di SMPN 31 Semarang ini masuk kriteria tersebut dan tentunya niat baik menyampaikan ilmu dapat ganjaran pahala berlebih dari Allah swt. Karena dalam suatu hadis juga dijelaskan bahwa ilmu adalah salah satu amal jariyah yang tak ada putus-putusnya sampai hari kiamat nanti. Diakhir ceramahnya dilakukan doa bersama yang diikuti semua tamu yang hadir.

Setelah siraman rohani usai, acara ditutup dengan kegiatan salam-salaman, makan-makan, serta hiburan nyanyian.

Semoga dengan terselenggaranya halalbihalal ini tali silaturahmi semakin kokoh dan membawa keberkahan untuk kita semua, terlebih untuk SMP Negeri 31 Semarang tercinta. Aamiin… ^_^

 

Dokumentasi:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *