Rangkaian Kegiatan Amalan Ramadan di SMPN 31 Semarang

     

      

SEMARANG – Berbagai kegiatan amalan bulan Ramadan diadakan di SMP Negeri 31 Semarang, mulai dari kegiatan pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah, kemudian kegiatan Pesantren Ramadan, serta pendistribusian zakat mal dari Bapak/Ibu Guru serta Karyawan SMPN 31 Semarang untuk disalurkan kepada para peserta didik yang kurang mampu.

Susunan kepanitiaan kegiatan bulan Ramadan ini, di antaranya Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd. sebagai Penanggung Jawab kegiatan, Bapak M. Maki Condronegoro, S.Pd. sebagai Ketua Panitia, Ibu Siti Rumkanah, M.PdI. sebagai sekretaris, kemudian Bapak Faezal, A.Md sebagai Koordinator Kegiatan Pengumpulan dan Pendistribusian Zakat Fitrah, kemudian Bapak Drs. Ruchikmat sebagai Koordonator Kegiatan Pesantren Ramadan. Selain para koordinator tersebut masih ada beberapa susunan kepanitiaan yang membantu jalannya kegiatan, termasuk Bapak/Ibu Wali Kelas yang mempunyai tanggung jawab untuk memantau dan mengondisikan para peserta didik saat sebelum sampai selesainya kegiatan. Serta tak ketinggalan para Pengurus OSIS SMPN 31 Semarang yang selalu siap dan sigap membantu dalam berbagai kegiatan di sekolah.

Pengumpulan zakat fitrah dilaksanakan pada tanggal 22-31 Mei 2018 oleh peserta didik untuk disalurkan kepada peserta didik dan warga sekitar lingkungan SMPN 31 Semarang yang kurang mampu.

Dalam konteks pendidikan, membayar zakat fitrah secara langsung di sekolah memberikan kesempatan kepada para peserta didik untuk belajar tata cara zakat fitrah dan bacaan niatnya sehingga mereka selain memiliki pengetahuan, juga memiliki pengalaman belajar yang akan berguna bagi yang bersangkutan. Bukankah belajar melalui praktek akan lebih bermakna dibandingkan dengan belajar yang sifatnya teoritis saja?

Sekolah yang menyelenggarakan kegiatan penerimaan zakat, selain menyiapkan panitia untuk ijab kabul zakat yang diberikan oleh para peserta didik, juga harus memberikan sosialisasi dan pemahaman tentang seluk beluk zakat yang meliputi pengertian, hukum membayar zakat, tujuan, mustahik zakat, tata cara membayar zakat, niat membayar zakat, hikmah membayar zakat, dan sebagainya supaya para peserta didik benar-benar memahami informasi seputar zakat.

Setelah zakat fitrah terkumpul, kemudian dilaksanakanlah pendistribusian zakat fitrah pada 6 Juni 2018 di Musala SMPN 31 Semarang setelah selesai kegiatan Pesantren Ramadan hari pertama sekitar pukul 11. 15 WIB.

Pelaksanaan pendistribusian zakat fitrah ini dibuka dan disambut baik oleh Ibu Sumrih Rahayu selaku Kepala SMPN 31 Semarang, begitu juga para peserta didik SMPN 31 Semarang yang kurang mampu.

Selain memberikan sambutan, Ibu Sumrih Rahayu juga mendistribusikan langsung serta memberikan doa untuk kebaikan peserta didik tersebut agar menjadi anak-anak yang soleh dan solehah dan membuat bangga orang tua. Kegiatan berlangsung khidmat dan lancar.

Kemudian kegiatan Pesantren Ramadan juga berlangsung dengan tertib dan lancar. Kegiatan Pesantren Ramadan ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 6 sampai 7 Juni 2018. Untuk Pesantren Ramadan ini dilaksanakan di tiga tempat dalam waktu yang bersamaan. Tempat pertama berada di Aula SMPN 31 Semarang yang diperuntukkan para peserta didik kelas 7 yang beragama Islam. Tempat kedua berada di Musala SMPN 31 Semarang yang diperuntukkan para peserta didik kelas 8 yang beragama Islam. Kemudian tempat ketiga berada di Lab. IPA SMPN 31 Semarang yang diperuntukkan bagi peserta didik kelas 7 dan 8 SMPN 31 Semarang yang beragama Kristen dan Katolik.

Kegiatan Pesantren Ramadan merupakan induk dari rangkaian kegiatan Ramadan yang lain. Sehingga perlu adanya sambutan sekaligus pembukaan secara simbolis dari Ibu Kepala SMPN 31 Semarang. Dalam sambutannya, Ibu Sumrih Rahayu, S.Pd., M.Pd., mengharap dengan penuh kepada seluruh peserta didik untuk dapat mengambil hikmah dari setiap kegiatan, termasuk pesantren Ramadan, dan semoga dapat menjadi pribadi yang lebih baik seusai Ramadan nanti. Untuk membuka acara tersebut, Beliau membuka secara simbolis dengan mengucap Basmalah dan mengetuk pelantang tiga kali ketukan diiringi riuh antusiasnya tepuk tangan peserta didik SMPN 31 Semarang.

Meskipun terdapat beberapa perbedaan dalam pelaksanaan, namun kegiatan berlangsung dengan penuh antusias, tertib dan lancar. Kelancaran kegiatan tersebut tentunya tidak terlepas dari para pemateri yang luar biasa yang dapat memotivasi para peserta didik untuk menjadi yang lebih baik. Ketiga pemateri tersebut di antaranya Ustad Haryatman dan Ustad Imron dari KREND Indonesia, serta Bapak Samuel Subroto selaku Guru Kristen SMPN 31 Semarang.

Kemudian kegiatan Zakat Mal juga berlangsung dengan tertib dan lancar. Zakat Mal ini diperoleh dari penghasilan Bapak/Ibu Guru serta Karyawan yang disisihkan untuk disalurkan kepada yang berhak, terutama kepada peserta didik yang kurang mampu.

Kegiatan Pendistribusian Zakat Mal dilaksanakan hari Kamis, 7 Juni 2018 sekitar pukul 11.15 WIB di Musala SMPN 31 Semarang usai kegiatan pesantren Ramadan hari kedua.

Peserta didik yang terpilih menerima santunan zakat mal tampak antusias dalam kegiatan tersebut. Ibu Kepala Sekolah mendoakan kepada peserta didik tersebut semoga dapat bermanfaat dan memberikan pengertian kepada para peserta didik tersebut agar tidak usah minder dengan teman-temannya yang mampu serta sangat berharap kepada mereka agar dapat menjadi pelopor kebaikan dalam hal sikap sampai pada prestasi.

 

#AmalanRamadanSpegasa

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *