Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di SMPN 31 Semarang

SEMARANG – Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2018, SMP Negeri 31 Semarang melaksanakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh Siswa, Guru, dan Staff Tata Usaha berjalan dengan penuh khidmat.

Pelajar, guru, dan staf tata usaha mengikuti upacara bendera di lapangan SMPN 31 Semarang, Jumat (1/6/18). Meski ditetapkan sebagai hari libur nasional, namun para pelajar maupun guru tetap hadir untuk mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di lingkungan sekolahnya.

Upacara yang digelar di lapangan sekolah SMPN 31 Semarang sekitar pukul 07.30 WIB dipimpin oleh Bapak M. Maki Condronegoro, S.Pd. selaku salah satu pengajar PPKn di SMPN 31 Semarang.

Menurut Bapak Maki, Hari Lahirnya Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni merupakan sejarah besar bangsa Indonesia dan sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Ini juga menindak lanjuti Surat Edaran Dinas Pendidikan Kota Semarang Nomor 003.1/4600 tentang penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018.

Bapak Maki dalam pidatonya sekaligus menyampaikan amanat dari Presiden Republik Indonesia juga mengingatkan sejarah Pancasila dihasilkan dari para pejuang bangsa.

“Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945, dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 2018,” papar Pak Maki.

Dalam pidato yang disampaikannya, Pak Maki juga menyampaikan bahwa sebagai warga negara Indonesia yang baik hendaklah memegang pedoman berdasar Pancasila dan UUD 1945 untuk hidup rukun dan saling gotong-royong.

“Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah negara lain tentang konflik sosial yang menjurus kepada perpecahan negara. Kita bisa hidup rukun bergotong-royong,” papar Pak Maki dalam pidatonya meneruskan dari Sambutan Pak Jokowi selaku Presiden RI.

 

Dokumentasi Upacara Hari Lahir Pancasila

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *